BELAJAR DARI SEMUT

June 07, 2017
APA YANG PERLU KITA PELAJARI DARI SEEKOR SEMUT ?

Dalam Amsalnya Agur Bin Yake menasehati kita agar mau belajar dari kehidupan empat binatang yang paling kecil dan paling lemah di bumi yaitu : Semut, kancil, belalang dan cicak. Umumnya orang - orang akan diminta belajar dari mereka - mereka yang besar, lebih hebat dan berpengalaman, tetapi berbeda dengan Firman Tuhan hari ini kita justru diminta untuk belajar bukan dari mereka yang terlihat hebat dan besar tapi justru dari empat binatang yang paling kecil dan kabar gembiranya adalah Kita tidak perlu malu akan hal itu

Mengapa kita juga harus belajar dari hal - hal kecil? jawabannya adalah sebab manusia seringkali hanya memikirkan perkara - perkara yang besar dan heboh tetapi kita melewatkan dan mengabaikan hal - hal kecil padahal semua hal besar selalu dimulai dengan hal yang paling kecil terlebih dahulu. begitu juga untuk dapat dipercaya mengerjakan pekerjaan yang besar kita terlebih dahulu menunjukan kesetiaan dalam mengerjakan pekerjaan yang kecil " Barangsiapa setia dalam perkara - perkara kecil, ia setia juga dalam perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara kecil ia tidak benar juga dalam perkara besar" ( Lukas 16 : 10 ).
Pada kesempatan ini kita akan belajar dari semut, binatang kecil yang mempunyai sifat rajin bahkan untuk mencari makan saja mereka harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, ketika telah menemukan makanan mereka tidak bersifat serakah melainkan melapor kepada teman - temannya dan mengajak mereka untuk bersama - sama mengangkat makanan tersebut.
Inilah sifat semut yang patut kita teladani, semut dikenal sebagai binatang yang rajin bekerja atau tidak malas mereka keluar mencari makan pada musim panas sehingga pada musim hujan tiba mereka mempunyai persediaaan makanan untuk diamakan

Banyak orang yang mempunyai keinginan yang tinggi tapi malas untuk bekerja dan berusaha,  tidak salah jika keinginan itu akhirnya hanya sekedar angan - angan belaka, mereka gagal bukan karena tidak mampu melainkan karena mereka tidak mau berusaha dalam arti kata malas, sedikit saja menemui kesulitan dan tantangan pemalas pasti akan berhenti berusaha dan menyerah padahal setiap kali tantangan dan kesulitan datang Tuhan selalu memberikan jalan keluar bagi orang yang berserah kepada Nya...... ( Bersambung )


Nast Bacaan : "Semut bangsa yang tidak kuat tetapi yang menyediakan makanannya dimusim panas" Amsal 30 : 25( Bacalah setiap ayat yang menjadi nast bacaan tersebut untuk membantu kita dalam memahami isi ulasan tersebut, bacaan ini akan menjadi sia - sia jika kita tidak merenungkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita )

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments